Gen Z Hangout

4 Alasan Gen Z Lebih Memilih Hangout ke Cafe

Benarkah Gen Z Lebih Memilih Hangout ke Café? Apa Alasannya?

Source: iStock

Generasi Z, atau yang lebih dikenal sebagai Gen Z, adalah kelompok masyarakat yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an. Kelompok ini tumbuh dalam era teknologi yang pesat dan transformasi sosial yang cukup signfikan. Salah satu hal yang memengaruhinya adalah gaya hidup atau lifestyle. 

Trend yang semakin terlihat adalah kecenderungan Gen Z untuk hangout atau menghabiskan waktu di cafe dibandingkan tempat-tempat lain. Hal ini juga dibuktikan dengan survei dari Anak Bangsa Indonesia bersama Tim Analytics KG Media yang bekerja sama dengan Litbang Kompas, bahwa cafe menjadi tempat favorit untuk nongkrong bagi para anak muda termasuk Gen Z. 

Lantas apa saja yang mendasari kecenderungan ini? Simak penjelasan berikut!

1. Kenyamanan dan Kebersamaan

Source: iStock

Atmosfer dan ambience cafe menjadi salah satu alasan Gen Z lebih memilih berkumpul di cafe. Terlebih saat ini cafe aesthetic yang banyak didesain dengan suasana yang hangat, nyaman, dan unik. Interiror yang nyaman, dekorasi yang instagramable menciptakan lingkungan yang menarik bagi Gen Z untuk berkumpul dan berinteraksi. Tidak hanya itu, suasana kafe juga memungkinkan mereka merasa lebih santai dan terhubung dengan teman-teman mereka. Faktor ini menjadi penting dalam era di mana interaksi sosial sering kali terbatas oleh teknologi.

2. Menu Makanan atau Minuman yang Unik

Source: pexels

Selanjutnya, tren makanan dan minuman yang unik dan viral di media sosial, sering kali mendorong Gen Z untuk mencoba pengalaman kuliner yang unik dan membagikannya di sosial media. Mulai dari minuman kopi dengan berbagai cita rasa dan ciri khas setiap masing-masing cafe, makanan ringan yang cocok untuk sharing, hingga menu makanan unik lainnya. 

3. Tempat untuk WFC dan Berkreasi

Source: First Media

Tidak hanya sebagai tempat hangout dan berkumpul bersama teman, cafe juga sering kali dijadikan sebagai tempat untuk bekerja. Apalagi saat ini banyak pekerjaan remote yang bisa dilakukan dimana saja, hal tersebut juga mendorong para Gen Z untuk explore tempat-tempat baru selagi menyelesaikan pekerjaan. Selain untuk mencari suasana yang nyaman, cafe juga menjadi salah satu tempat mencari kreativitas. 

Kemudian beberapa cafe juga menyediakan WiFi gratis dan suasana yang relatif tenang, sehingga menjadi tempat favorit untuk bekerja atau pun mengerjakan tugas. Beberapa kafe juga menawarkan ruang khusus yang dapat digunakan untuk pertemuan atau kolaborasi, yang sangat cocok dengan semangat kolaboratif yang umum ditemukan pada generasi ini.

Baca juga: 5 Cafe Aesthetic di Tebet yang Asik Buat Nongkrong

4. Kebiasaan Gen Z Mengabadikan Momen Untuk Dibagikan di Social Media

Source: Business Insider

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa Gen Z memang tumbuh dalam era digital, yang mana segala sesuatu cenderung diabadikan dan dibagikan secara online melalui platform media sosial. Platform media sosial pun rasanya sudah sangat “lekat” dengan kita saat ini. Cafe dengan ambience yang unik dan aesthetic tentu saja menarik perhatian Gen Z untuk dikunjungi dan diabadikan untuk kemudian dibagikan di sosial media. 

Aktivitas seperti mengabadikan makanan di atas meja atau swafoto di depan dinding yang instagramable menjadi ritual umum bagi mereka yang mengunjungi kafe. Ini juga menjadi alasan mengapa beberapa kafe lebih sukses daripada yang lain, karena mampu menciptakan pengalaman visual yang menarik bagi pelanggan mereka.

Dalam dunia yang terus berkembang, preferensi dan kebiasaan juga ikut berubah, terutama pada generasi yang berbeda. Gen Z lebih memilih untuk menghabiskan waktu di kafe karena kenyamanan, atmosfer yang menarik, pilihan menu yang beragam, serta sebagai tempat untuk bekerja, belajar, dan berkreasi. Selain itu, dorongan untuk mengabadikan momen di era digital juga berperan dalam menggerakkan tren ini. Oleh karena itu, melihat popularitas kafe di kalangan Gen Z, bukan hanya sekadar tren sesaat, melainkan mencerminkan perubahan dalam gaya hidup dan pola interaksi sosial mereka.

Baca juga: 5 Cafe Aesthetic di Tebet yang Asik Buat Nongkrong

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *